HINDARI BERBICARA MEMANCING KEJAHATAN

Waspada maling kenari (2)

Secara kodrati hobby burung adalah merupakan kebutuhan tertier atau lebih, syarat akan berbangga – bangga dan berlebihan untuk sebagian manusia.
Di sebagian yang lain hanya untuk hiburan, penyejuk hati, refresh, dan penyeimbang kepenatan pikiran serta kebahagiaan diri.

Dari sinilah sebagiannya lagi muncul sebagai pelaku pasar yang merupakan hobby burung sebagai kebutuhan sekunder yang menopang kebutuhan primernya. Yach di situ ada peternak, pedagang, makelar dan maling.

Pada kesempatan kali ini ketiganya tidak bahas akan tetapi yang akan kita bahas adalah sepak terjang “maling burung” yang meresahkan dan mengobok – obok dunia perburungan.
Ada kalanya kejahatan maling burung terpicu dari beberapa tingkah kita sendiri yang mengundangnya untuk menyatroni farm kita karena sikap kita yang terlalu over acting di lingkungan kita.

Berikut beberapa ucapan yang dapat memancing kebencian dan menimbulkan kejahatan…
  1. Ucapan tinggi hati sombong
  2. Melecehkan dan merendahkan orang lain
  3. Menjelek – jelekkan rekan sesama hobby kenari
  4. Menganggap dirinya terbaik dan nomor satu.
  5. Mengucapkan yang gak ada manfaatnya seperti ini :

  • “dia tu yang nyetori burungnya saya!!”
  • “dia mengambil burung di tempat saya . .”
  • “Trah saya yang terbaik di sini”
  • “Dia anak didik saya”
  • “Dia baru kemarin belajar burung dan ternaknya…”

Atau ucapan ini
  • “suksesnya dulu saya yang ngajari”
  • “Dulu dia gak bisa apa – apa sekarang sukses karena saya”
  • “Dia besar sekarang karena burungnya dari saya semua”

Atau ucapan ini :
  • “Hati – hati burungnya gak beres semua”
  • “Hati – hati jangan beli burung dari dia”

Semua itu bikin risih kalau kita dengan apa lagi orang – orang yang di bicarakan dengar.
Setuju gak setuju terserah anda….

Penulis : Bp H. Adi Jaya

Editor : Rudi
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Padepokan Kenari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger